Pernahkah kamu mengikuti Bebras Computational Thinking Challenge?

     Bebras Challenge adalah tantangan bagi para siswa SD, SMP dan SMA yang dilaksanakan secara online untuk mengedukasi kemampuan para siswa dalam memecahkan masalah melalui computational thinking atau informatika. Setiap soal dalam Bebras Challenge juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik sehingga membantu para siswa mengerti setiap soal lebih mudah.

 

     Nah, setelah mendapat informasi tentang Bebras Challenge dari beberapa guru Matematika di SDK Yahya, Yaheziel Christian Sunu Setiawan dan Sarah Maria Panggabean – siswa kelas 6 SDK Yahya – akan mengikuti Bebras Challenge untuk yang ketiga kalinya. Yuk, kita simak pengalaman mereka selama mengikuti Bebras Challenge.

 

     Selama mengikuti lomba ini, Yaheziel mengaku bahwa dia banyak mendapat pelajaran dari tantangan Bebras seperti berpikir outside of the box atau berpikir kritis, mengasah logika dan bahkan belajar untuk bersabar. Selama kompetisi Bebras Challenge, memang banyak faktor yang dapat menentukan nilai akhir dari tiap peserta. Yaheziel pun merasa senang saat mengikuti tantangan Bebras pada tahun 2017, karena pada waktu itu koneksi server cukup lancar dibandingkan tahun sebelumnya. Tak heran apabila nilai Yaheziel juga meningkat dari pada tantangan Bebras tahun 2016.

 

     Sarah Maria pun mengatakan hal yang senada dengan Yaheziel. Sarah mendapat banyak pengalaman yang berharga. Sarah harus berlatih untuk menjawab soal-soal dalam Bebras Challenge dalam waktu secepatnya dengan ketelitian luar biasa. Bukan hanya bertanding dengan teman-teman SDK Yahya, Sarah pun juga harus bertanding dengan peserta lain dari berbagai sekolah di Bandung di ruangan yang sama. Oleh karena itu, suasana kompetisi Bebras Challenge terasa seru dan menegangkan!

 

     Sebelumnya selama dua tahun berturut-turut SDK Yahya juga telah meraih prestasi di Bebras Challenge di Tingkat Nasional. Nathan Sebastian Tanusubroto meraih juara III Bebras Challenge di tingkat nasional pada tahun 2016. Di tahun 2017, Keisha Grace Christian berhasil meraih juara I Bebras Challenge di tingkat nasional dan Daniel Egia Lamido meraih juara II di tingkat nasional.

 

    Dengan semangat juang parasiswa serta guru pembimbing SDK Yahya, mari kita doakan semoga Yaheziel Setiawan, Sarah Maria, beserta 30 peserta didik SDK Yahya lainnya akan berhasil meraih nilai tertinggi di Bebras Challenge 2018 pada hari Kamis, 15 November 2018 di Universitas Maranatha. Nothing is impossible with God! We can do it!

(Yahaziel Christian Sunu Setiawan dan Sarah Maria Panggabean)

 

WhatsApp Image 2018-11-14 at 15.01.47

Bagikan: